Pemerintah

Kabupaten Magetan daerah pertama yang Punya Mesin Cetak E-KTP 2 Menit

Spread the love

Kab. Magetan, Jawa Timur, menjadi daerah pertama di Indonesia yang mengoperasikan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang bisa cetak 23 jenis dokumen kependudukan termasuk e-KTP 2 menit.

Mesin cetak e-KTP atau ATM kependudukan itu ditempatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Magetan yang berada di lantai 2 Pasar Baru Magetan. Layanan baru ini kali pertama diluncurkan di MPP itu pada Rabu (15/1/2020).

Bupati Magetan, Suprawoto, mengapresiasi inovasi yang dilakukan dengan dioperasionalkannya mesin ADM karena akan memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan.

Dengan dioperasionalkan mesin ADM ini, pencetakan dokumen kependudukan dapat dilakukan secara mandiri oleh warga dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di kantor Disdukcapil, salah satunya cetak KTP-el.

“Untuk bisa menggunakan ADM, warga cukup mendaftarkan diri ke kantor Disdukcapil untuk mendapatkan pin atau QR code untuk discan pada ADM. Syaratnya hanya mendaftarkan nomor HP dan alamat email. Warga bisa mencetak sendiri KTP-el, KK, KIA, akta kelahiran, akta kematian dan  surat pindah lewat mesin ADM. Sehingga tidak perlu harus menunggu antrian cetak di kantor Disdukcapil,” ujarnya secara rinci.

Bupati Magetan, Suprawoto, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Magetan dengan dioperasionalkannya mesin ADM ini.

“Kabupaten Magetan merupakan yang pertama kali mengoperasikan mesin ADM di Indonesia,” katanya.

Selain dokumen kependudukan, di MPP warga Magetan juga dimudahkan dalam mengurus berbagai keperluan seperti pajak, perizinan, perbankan, imigrasi, dan layanan publik lainnya.

https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/402/pertama-kali-hadirkan-adm-di-mal-warga-magetan-bisa-cetak-sendiri-dokumen-kependudukan

malwin
Pemerhati Politik dan Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *