Nasional

Tahukah Anda siapa Sofian Sibarani?

Spread the love

Dia adalah Arsitek Hebat sang Pembuat Konsep Nagara Rimba Nusa, Wajah Baru Ibu Kota, Ini Sosok Sofian Sibarani Arsitek Hebat sang Pembuat Konsep.

Pemerintah telah mengumumkan pemenang dari Sayembara Desain Ibu Kota  Negara (IKN) yang diadakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Senin (23/12/2019).

Dari sekian ratus karya yang masuk dan dinilai, konsep “Nagara Rimba Nusa” yang ditawarkan oleh tim Urban+ menjadi pemenangnya.

Konsep besar yang dibawa desain ibu kota ala Urban+ adalah keseimbangan antara tata kota modern, pembangunan manusia, sifat manusia, dan kelestarian alam.

Bahkan menurut Ridwan Kamil yang menjadi salah satu juri dalam sayembara ini, “Nagara Rimba Nusa” memiliki semua keunggulan dan desain sebuah kota.

Sosok di balik konsep besar tersebut adalah Sofian Sibarani. Ia menggawangi tim dari Urban+ yang terdiri dari 10 ahli dari beragam disiplin ilmu berbeda.

Mengacu pada resume yang tersedia di laman Urban+, Sofian Sibarani merupakan seorang urban desainer yang mendirikan Urban+ pada 2017 silam.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Executive Director of Building+Places di AECOM Indonesia dari 2014-2016.

Ia menyelesaikan pendidikan S1-nya di Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jurusan Arsitektur, Fakultas Arsitektur, Sipil, dan Perencanaan pada tahun 1997.

Lulus sebagai Mahasiswa Terbaik, Sofian kemudian melanjutkan pendidikan ke University of New South Wales (UNSW) dengan mengambil Master of Urban Development and Design dengan Beasiswa ADS.

Dia banyak terlibat dalam proyek-proyek desain di Asia Tenggara dan Indonesia yang memperhatikan aspek sustainabilitas berdasarkan integrasi beragam pendekatan disiplin keilmuan.

Beragam penghargaan telah ia dapatkan, salah satunya adalah sebagai Best Landscape Project, Bintaro Exchange Plaza & Parks, SILA (Singapore Institute of Landscape) Awards di tahun 2016. – info berbagai sumber

malwin
Pemerhati Politik dan Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *